Rabu, 09 Januari 2013

OBAT YANG MANJUR

Amsal 17:17-22

*Amsal 17:22,
Hati yang gembira adalah obat yang manjur.

Dalam majalah Better Homas and Gardens, terdapat sebuah artikel yang berjudul “Tertawa Adalah Jalan Menuju Sehat”. Di situ Nick Gallo mengadakan pengamatan yang mengemakan apa yang di tulis Salomo ribuan tahun silam: Hati yang gembira adalah obat yang manjur (Amsal 17 : 22).

Gallo berkata, "Humor adalah obat yang manjur, dan sesunggunya dapat menjaga kondisi Anda agar tetap sehat." Ia mengutip pernyataan William F.Fry, M.D., yang mengambarkan tertawa bagaikan “joging batiniah” dan mengatakan bahwa hal itu baik bagi sistem peredaran darah seseorang.

Saat membandingkan tertawa dengan olahraga, Gallo menjelaskan bahwa ketika seorang tertawa lepas, Ia memperoleh beberapa keuntungan fisik. Terjadi penurunan tekanan darah untuk sementara, penurunan kecepatan pernafasan, dan ketegangan otot yang berkurang. Ia mengatakan bahwa banyak orang mengalami suatu “perasaan senang dan santai”. Ia menyimpulkan, selera humor yang tetap, terutama bila digabungkan dengan sumber-sumber batiniah lainnya seperti iman dan optimisme, tampak sebagai kekuatan yang berpotensi untuk memperoleh kesehatan yang lebih baik.

Orang Kristiani, dibandingkan dengan orang-orang lain, seharusnya mendapatkan manfaat dari tertawa karena kita memiliki alasan terbesar untuk sukacita. Iman kita berakar kuat di dalam Allah, dan opitimisme kita di dasarkan pada keyakinan bahwa hidup kita ada di bawah kendali-Nya yang bijaksana.

Jangan takut untuk menikmati tawa yang sehat, karena itu adalah obat yang manjur.

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar