Rabu, 09 Januari 2013

BISA GILA

Habakuk 3:14-19

*Habakuk 3:17-18,
17 Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang,
18 namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku.


Arswendo Atmowiloto - Seorang penulis senior yang pernah di penjara gara-gara kasus angket tokoh terpopuler di Indonesia, yang dimuat di tabloid monitor dalam bukunya, menghitung hari, kumpulan tulisannya selama di penjara, menulis demikian,

"Kalau kita bilang tinggal di penjara itu enak, kita ini gila. Tetapi kalau kita sudah di dalam penjara, dan tidak bisa merasakan bahwa tinggal di penjara itu enak, kita bisa jadi gila!"

Maksudnya kurang lebih, kalau kita tidak bisa menyenangi situasi tidak menyenangkan yang harus kita hadapi, itu berarti kita hanya menambah masalah.

Ada saat-saat tertentu kita hidup "bagai dalam penjara". Kita berada di dalam situasi amat menyesakkan. Pahit. Gentir. Kita ingin keluar tetapi tidak bisa. Mau tidak mau kita harus menelannya.

Situasi itu bisa berupa suasana kerja yang menekan berat; rekan sekerja yang menyebalkan, tuntunan kerja yang tidak masuk akal. Inginnya keluar kerja!

Sudah berusaha mencari pekerjaan baru, tetapi tidak kunjung dapat. Atau penyakit berkepanjangan, sudah diobati kesana kemari, tetap tidak sembuh.

Dalam situsi demikian, tidak ada jalan lain, terima kenyataan dengan IMAN. Yakinkan diri, bahwa di balik situasi yang Tuhan izinkan kita alami pasti ada rencana Allah yang indah yang akan Allah nyatakan.

Inilah yang dilakukan oleh Habakuk. Ia menghadapi situasi yang getir, penindasan, kelaliman, kejahatan, kekerasan, pertikaian, dan ketidakadilan (Habakuk 1:2-4).

Tetapi ia tidak menjadi patah arah. Habakuk menunjukkan bagaimana ia tetap berpengharapan di dalam Tuhan yang ia percayai.

KALAU KITA TIDAK BISA MENGUBAH KEADAAN, CARA TERBAIK ADALAH MENERIMA KEADAAN ITU DENGAN UCAPAN SYUKUR!!!

TUHAN MEMBERKATI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar