Rabu, 09 Januari 2013

1 = 0 - Lima Roti dan Dua Ikan -

Markus 6:35-44

*Markus 6:38,
Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!" Sesudah memeriksanya mereka berkata: "Lima roti dan dua ikan.

Semua orang tahu bahwa 1 (Satu) tidak sama dengan 0 (nol). Satu berarti ada sesuatu. Sedangkan nol artinya tidak ada sama sekali.

Namun sadarkah kita bahwa dalam kehidupan sehari-hari, kita kerap bersikap bahwa 1 = 0 ? Kita menganggap saat kita hanya memiliki sedikit barang, itu sama artinya dengan tidak punya apa-apa. Dalam Renungan ini, murid-murid Yesus juga bersikap 1 - 0.

Ketika itu Yesus mengajar ribuan orang, dan hari sudah mulai malam. Murid-murid menyarankan agar Yesus menyuruh mereka mencari makan sendiri. Di sisi lain, dari pada mengambil jalan yang mudah dan umum (menyuruh orang banyak itu mencari makanan sendiri), Yesus justru ingin murid-murid-Nya belajar sesuatu dari kesulitan itu.

Murid-murid Yesus memprotes ketika DIA menyuruh mereka memberi makan orang banyak itu. Di tengah protes mereka, Yesus bertanya, "Berapa banyak roti yg ada padamu?" Yesus tidak bertanya "Berapa banyak yang mereka butuh?" atau, Berapa harga roti?" Dia berkata "Cobalah periksa!"

Mereka menemukan 5 roti dan 2 ikan. Dari yang sedikit itu Tuhan menjadikannya berlimpah, bahkan bersisa.


Ketika kesulitan menghadang dan kita merasa hanya sedikit yang kita punya, janganlah takut atau tawar hati.

Apabila ada 1, itu tidak sama dengan 0. Ingatlah kata Yesus, "Berapa banyak yang ada padamu?" Tuhan tidak bertanya berapa banyak yang dipunyai tetanggamu. "Cobalah perikasa!"

Mari kita perikasa, apa yang kita punya. Kita akan terkejut menyadari bahwa Tuhan memberikan kita cukup, bahkan lebih, untuk menyelesaikan kesulitan kita.

Jika kita memberikan semuanya kepada Kristus, Dia akan melakukan lebih dari yang kita bayangkan. Bersama Yesus yang sedikit selalu cukup bahkan lebih.

Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar