Rabu, 09 Januari 2013

¤¤ KISAH KUPU-KUPU YANG SOMBONG ¤¤

Di sebuah hutan ada seekor kupu-kupu yang mungil. Kupu-kupu itu memiliki sepasang sayap yang indah dengan garis-garis yang putih dan corak yang menawan.

Karena keindahan sayapnya itulah kupu-kupu ini menjadi sangat sombong. Dia suka mengolok-olok binatang lain dan selalu membanggakan dirinya.

Saat terbang, kupu-kupu bertemu dengan seekor kumbang dan berkata, "Lihatlah tubuhmu, sangat jelek dan hitam."

Saat melihat seekor katak pun kupu-kupu itu tak berhenti untuk mengejek, "Punggungmu sangat menjijikkan, mulutmu lebar dan badanmu itu berlendir."

Si kumbang dan katak hanya diam saja mendengar ejekkan dari kupu-kupu itu. Mereka sudah terbiasa karena setiap hari mendengar kupu-kupu yang suka membanggakan dirinya sendiri dan selalu menyindir binatang yang lain.


Suatu malam kupu-kupu melihat ada suatu sinar yang sangat cantik mendekat ke arahnya. Ternyata sinar itu terpancar dari ekor bintang yang bernama kunang-kunang.

"Wow, indah sekali binatang itu. Dia mempunyai cahaya di tubuhnya."

Rupanya kupu-kupu itu iri dan ingin memiliki cahaya seperti kunang-kunang. "Hei kunang-kunang, dari mana kau dapatkan cahaya yang cantik itu?", tanya kupu-kupu.

"Aku sudah mendapatkannya sejak lahir. Tapi jika kau ingin memiliki cahaya, kau bisa mendapatkannya di rumah-rumah manusia pada malam hari", kata kunang-kunang.

Kupu-kupu merasa sangat senang sekali dengan penjelasan dari kunang-kunang. Dia pun mulai pergi ke rumah penduduk yang letaknya berada di pinggir hutan.

Dia terbang menuju ke salah satu rumah dan dia melihat ada cahaya dari pelita di atas meja.

"Wow, cahaya itu mampu menerangi seluruh ruangan di rumah ini. Aku ingin memilikinya agar tubuhku menjadi semakin indah."

Kupu-kupu itu pun mendekatkan tubuhnya ke pelita itu. Dia ingin mengambil sedikit api untuk ditempelkan ditubuhnya.

"Awwww!"

Kupu-kupu itu terbang menjauh sambil berteriak kesakitan.

Sayapnya yang indah terbakar. Kini ia menyesal karena tak puas dengan apa yang dia miliki.

Sekarang tidak ada lagi sayap indah yang bisa dia banggakan. Kupu-kupu itu tak dapat lagi menyombongkan dirinya.

**************

Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki sekarang. Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Tuhan punya takaran sendiri untuk memberkati kita.

Janganlah kita gila hormat. Janganlah menyombongkan diri. Lebih baik kita menjadi orang terhormat dan dihargai dengan hidup kita yang apa adanya.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pasti membutuhkan suatu proses, yaitu, berdoa, berusaha, dan tidak menyerah.

Untuk mencegah rasa ketidakpuasan, maka kita harus memiliki hati yang selalu bersyukur.

*1 Samuel 2:3,
Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji.

Tuhan Yesus Memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar