Sabtu, 15 September 2012

K A R A K T E R

* Ulangan 29:18b,
Janganlah diantaramu ada akar yang menghasilkan racun atau ipuh.

Dalam sebuah artikel, beberapa ahli mengungkapkan beberapa fakta tentang akar, yaitu bahwa sebanyak sepersepuluh dari sebatang pohon tersembunyi dalam akarnya. Walau akar-akar beberapa pohon seperti rambut, seluruh sistem mereka masih dapat mengerahkan tekanan yang dahsyat. Misalnya, akar-akar pohon Birch, meskipun dianggap pohon yang kurang kokoh daripada yang lain, dapat mengangkat batu besar seberat sepuluh ton. Sistem akar sebatang pohon memiliki dua fungsi: sebagai jangkar pohon dan mengumpulkan kelembaban, yang membuat pohon dapat tumbuh subur. Akar-akar sebatang pohon beradaptasi untuk menguatkan diri terhadap apapun yang mencoba menyerangnya. Bila ancaman itu berupa angin, akar-akar akan bertumbuh tebal dan dalam. Bila ancaman itu berupa kekeringan, akar-akar akan bertumbuh ke arah air. Akar-akar memiliki pengaruh langsung pada cabang-cabang, dan dengan demikian akar pun akan mempengaruhi apakah pohon itu bisa berbuah atau tidak. Akar tumbuh dibawah permukaan, tertutup dari pandangan, namun mempengaruhi keseluruhan hidup dari pohon tersebut.

Karunia-karunia dan talenta adalah buah dari pelayanan sedangkan akar pelayanan adalah "cinta akan Tuhan" dan "hubungan yang intim dengan Tuhan". Sementara akar dari segala kejahatan adalah cinta akan uang (bdk. 1 Tim. 6:10).

Akar bisa diartikan dengan: Siapa diri kita sebenarnya (karakter)?. Akar bertumbuh seiring dengan banyaknya asupan air atau zat-zat unsur tanah di sekitar pohon itu berada. Seperti pepatah berkata: "Karunia atau talenta dapat membawa kita naik, namun karakterlah yang dapat membuat kita tetap bertahan di sana."

Namun, banyak manusia yang lebih mementingkan karunia daripada karakter. Karakter tidak dapat dibangun dalam satu, dua hari saja, dengan cara mengikuti seminar atau training tentang karakter, tapi dibangun melalui Firman dan melakukannya, serta pengalaman-pengalaman hidup bersama Tuhan.

"Seperti apakah akarmu? Pastikan akarmu adalah cinta kepada Dia"

Jangan lupa dilike dan dishare.

TUHAN YESUS MEMBERKATI. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar