Kamis, 27 Desember 2012

Kesabaran

Amsal 26:12-16; 2 Timotius 2:1-13

Bersabar seringkali di identikkan dengan sikap menerima apa adanya segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita ini. Maka, tak jarang dengan alasan sabar, banyak orang hanya menunggu perubahan terjadi di dalam hidupnya.

Pengkotbah Henry Ward Beecher memberikan satu ilustrasi bagus tentang hal ini. Ketika seekor lobster terdampar di sebuah karang, maka ia tidak akan bergerak. Ia hanya akan terus menunggu air laut pasang dan datang menghanyutkannya kembali.

Namun, sering kali lobster itu tidak cukup kuat untuk hidup sebelum air laut kembali pasang. Maka ia pun mati kekeringan, meski sebenarnya dengan sedikit usaha, maka ia bisa kembali ke laut lagi.

Bersabar bukanlah menunggu secara pasif saja. Bersabar adalah tetap berusaha meski keadaan makin berat. Namun, orang yang hanya menunggu perubahan terjadi dalam hidupnya, maaf kata adalah deskripsi pemalas dalam Amsal 26:13.

Pemalas berkata, “ ada singa di lorong”. Dalam bahasa saat ini, ia akan berkata,” berwirausaha itu resikonya sangat besar”.

Yah, meski tiap bulan masih harus hutang kanan, kiri, kita syukuri saja, dsb. Ada yang menganggap itu tanda kesabaran.

Sabar menanti, sabar menunggu, dan hanya diam di tempat menanti perubahan datang. Padahal, seringkali solusi itu sudah di depan mata kita, kita hanya perlu sedikit usaha untuk meraihnya.

Satu kutipan berkata, “ para juara dan pembuat sejarah bukanlah orang-orang yang hanya menunggu kereta waktu mendatangi mereka.” Para pemenang adalah seperti Paulus yang berlari-lari pada tujuan (Filipi 3:14 ).

Paulus bukan hanya menunggu orang datang untuk mendengarkannya, tapi ia memakai istilah berlari-lari. Jelas, Paulus sangat proaktif dalam pelayanannya.

Berpergian hingga ke Eropa dan Asia kecil, bahkan menantang berbagai bahaya. Tapi, sekalipun banyak rintangan, ia tetap sabar menanggungnya ( 2 Tim 2:10 ). Inilah kesabaran yang sesungguhnya!

Apakah saat ini Anda sedang menghadapi situasi sulit dalam karier, finansial dan kehidupan Anda?

Jangan hanya berpangku tangan dan menunggu. Miliki kesabaran, yaitu sikap tidak mudah putus asa dan mau terus berusaha dan kreatif mencari jalan keluar.

Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar