Senin, 10 Desember 2012

BERDOA DAN BEKERJA - Nehemia 4

*Nehemia 4:9,
Tetapi kami berdoa kepada Allah kami, dan mengadakan penjagaan terhadap mereka siang dan malam karena sikap mereka

Mana yang lebih penting; berdoa dan bekerja?

Ada yang berkata berdoa lebih penting, sebab tanpa berdoa kita tidak bisa melakukan apa-apa. Namun ada yang mempertanyakan, buat apa banyak berdoa tapi tidak bekerja?

Bagi Nehemia, kedua hal

ini perlu diadu tingkat kepentingannya. Mari simak apa yang dilakukan, saat menghadapi tantangan dan ancaman dari Sanbalat dan Tobia.

Nehemia menaikkan doa kepada Tuhan agar rencana musuhnya di gagalkan. Namun, Nehemia juga tetap meyuruh orang-orangnya agar tetap berjaga-jaga supaya dapat mengantisipasi bila sewaktu-waktu ada serangan musuh (ay 9).

Dari Nehemia kita bisa belajar bahwa doa adalah hal yang sangat penting, tetapi bekerja juga hal yang tidak kalah penting.

Dalam film Facing the Giants, seorang pendeta bertutur kepada sang pelatih futbol tentang dua petani yang sama-sama berdoa meminta hujan kepada Tuhan.

Petani yang pertama hanya berdoa, tetapi tidak mempersiapkan ladangnya untuk menerima hujan. Sedangkan petani yang kedua bukan hanya berdoa, tetapi juga mempersiapkan ladangnya. Jika kemudian Tuhan memilih; kepada petani mana Tuhan akan menurunkan hujan? Tentu yang kedua, karena dengan mempersiapkan ladang, ia beriman bahwa doanya akan terkabulkan.

Ketika menghadapi rintangan hidup ini, mari kita datang kepada Tuhan. Sampaikan semua keluh kesah kita kepada-Nya dan percayalah bahwa Tuhan pasti akan menolong. Namun sementara itu, kita pun harus waspada dan memikirkan cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Tak hanya berdoa, kita juga harus bekerja.

BERDOA DAN BEKERJA ADALAH DUA HAL YANG HARUS DI LAKUKAN BERSAMA-SAMA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar