Kamis, 27 Desember 2012

HARAPAN UNTUK TETAP HIDUP

*Yeremia 17:7,
Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN

Tepat dua minggu setelah terperangkap dalam tambang emas sedalam 1000 meter, dua penambang Australia, Brant Webb, 37, dan Todd Russell, 34, berhasil diselamatkan.

Menyambut keberhasilan itu, lonceng gereja Uniting di Beaconsfield dibunyikan. Lonceng itu terakhir kali dibunyikan tahun 1945 untuk mengakhiri Perang Dunia II.

Bersama dengan dentang lonceng tersebut, kedua penanbang itu langsung berlari memeluk istrinya masing-masing, yang terus berharap cemas selama mereka terperangkap di tambang itu.

Berjaket kulit dengan helm seragam penambang, kedua orang itu tampak sehat. Selama proses evakuasi, jutaan pasang mata menyaksikan baik di lokasi maupun lewat tayangan TV. Sekjen Serikat Pekerja Australia, Bill Shorten, berkata, "Ini perjuangan untuk lolos yang luar biasa."

Dokter menyatakan kondisi Russel dan Webb sangat baik. "Kondisi mereka sangat menajubkan. Mereka benar-benar penambang yang kuat," Kata dr.Stephen Ayre dari RS Launceston.

Russel dan Webb terperangkap selama 14 hari di tambang itu akibat longsoran batu. Mereka selamat karena terlindung kurungan baja yang melindungi mereka ketika bekerja.

Selama lima hari pertama mereka makan satu batang sereal yang di bagi dua dan minum dari rembesan air tanah.

Melalui kamera pendeteksi panas yang menangkap suhu tubuh manusia, mereka diketahui masih hidup. Esoknya, tim penyelamat langsung membuat lubang kecil untuk menyalurkan suplai makanan dan air. Dari pipa sempit itu, Russel dan Webb berkomunikasi dengan tim medis. Mereka juga dikirimi iPods, matras tiup, telur dan sandwich sampai akhirnya mereka berhasil diselamatkan.

Kisah perjuangan bertahan hidup dan penyelamatan kedua penambang itu menarik minat sejumlah stasiun televisi dan media massa.

Mereka berlomba mendapatkan wawancara eksklusif dengan Russel dan Webb. Dan mereka menawarkan AUD 250 ribu (sekitar 13,5 milyar) untuk tulisan di majalah, televisi dan buku dan bahkan kontrak film. (Jawa Pos 10/5/06)

Dua minggu terkurung dalam tambang sedalam 1000 meter tanpa persediaan makanan dan air yang cukup, dan tanpa kepastian apakah keberadaan mereka diketahui orang lain atau tidak, sungguh-sungguh masa yang sulit. Namun Russel dan Webb bisa bertahan dalam keadaan yang serba tidak pasti sampai akhirnya berhasil diselamatkan.

Hal ini tidak terlepas dari keinginan dan harapan mereka untuk tetap bertahan hidup. Dengan bekal itu mereka sanggup melewati masa-masa yang sulit.

Keinginan dan harapan untuk tetap berharap hidup terbukti merupakan sumber kekuatan yang luar biasa untuk menghadapi masa-masa yang sulit. Dan sumber pengharapan kita yang tidak pernah mengecewakan adalah di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Jika kita berharap pada manusia kita sering kali mengalami kekecewaan kemampuan, kemauan dan waktu manusia terbatas. Namun jika kita berharap pada Tuhan, kita tidak akan pernah kecewa. Ia selalu bersedia menolong kita di tengah-tengah kesulitan.

Tuhan memberkati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar