Senin, 10 Desember 2012

INDAHNYA PERSATUAN


*Filipi 2:1-11,
1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,

Sekelompok kuda liar tengah merumput di hutan belantara. Tiba-tiba muncul seekor harimau yang sedang mancari mangsa.

Serentak kuda-kuda itu melindungi diri dengan cara berdiri saling berhadapan membentuk lingkaran. Harimau pun berhenti mendek

at, karena takut kena tendangan.

Namun dengan tipu muslihatnya ia berkata, "Sungguh barisan yang bagus. Boleh aku tau kuda pintar mana yang mencetuskan ide ini?"

Kuda-Kuda pun termakan hasutan. Mereka berdebat siapakah yang pertama kali mencetuskan ide tadi. Karena tidak ada kata sepakat, akhirnya mereka tercerai berai. Harimau pun dengan muda memangsa mereka.
.
.
.
Persatuan sangat penting. Tanpa persatuan sebuah komunitas atau kelompok akan rapuh, maka persatuan perlu di perjuangkan.

Begitu juga dengan gereja. Paulus menasehati para jemaat yang ada di Filipi supaya bersatu. Dasar Kristiani adalah Kristus. Jadi setiap orang dalam jemaat hendaknya meneladani Kristus (ayat 5) :

1. Walaupun dalam rupa Allah, tetapi tidak menganggap kesetaraan-Nya itu sebagai milik yang harus dipertahankan (Ayat 6) TIDAK SOMBONG ATAU MERASA PALING HEBAT

2. Telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba (Ayat 7a) MEMILIKI SEMANGAT MEMBERI BUKAN HANYA MENERIMA

3. Menjadi sama dengan manusia. (Ayat 7b) Berempati terhadap sesama; tidak lekas menghakimi atau menuduh tetapi berusaha menepatkan diri pada posisi orang lain untuk mengerti dan memahami.

SAAT JEMAAT SEPAKAT UNTUK BERSATU, IBLIS PUN GEMETAR

Pepatah cina mengatakan : Sepuluh lidi yang diikat menjadi satu lebih kokoh dibanding seribu lidi yang tercerai berai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar