Jumat, 21 Desember 2012

APA KATA DUNIA?

Matius 23:25-28

*Matius 23:28,
Demikian jugalah kamu, di sebelah luar kamu tampaknya benar di mata orang, tetapi di sebelah dalam kamu penuh kemunafikan dan kedurjanaan.

Sebagian besar dari kita mengenal nama Naga Bonar (1987) dan Naga Bonar jadi 2 (2007). Satu frase terkenal yang sering diucapakannya adalah, "Apa kata dunia?"

Frase ini mencerminkan salah satu sikap orang Indonesia, yaitu sangat memerdulikan pendapat orang lain.

Ada kebaikkan, tetapi ada juga keburukkan dari sikap semacam ini. Salah satu kebaikkannya, hal ini menimbulkan kontrol masyarakat terhadap moralitas. Namun, salah satu keburukkannya adalah kemungkinan munculnya kemunafikkan seperti dalam bacaan kita hari ini.

Ahil Taurat dan orang Farisi adalah tokoh-tokoh masyarakat pada zaman itu, yang berusaha untuk menjaga citra mereka sebaik mungkin. Namun akibatnya, mereka lebih memperdulikan pendapat orang lain dari pada pendapat Allah yang sesungguhnya paling berhak menilai hidup mereka.

Mereka lupa menguasai hati dan pribadi mereka. Mereka menjadi seperti piring yang bersih di luarnya, tetapi dalamnya tidak. Atau, seperti kuburan yang tampak indah di luarnya, tetapi berisi tulang belulang dan kotoran di dalamnya.

Terkadang kita juga seperti itu; lebih memikirkan apa pendapat orang lain dari pada pendapat Allah. Akibatnya di gereja kita terlihat seperti orang saleh, tetapi ketika di luar kita seperti tidak mencerminkan karakter Kristus. Atau, kita menghalalkan segala macam cara untuk meraih keberhasilan demi dipuji orang. Atau, dihadapan orang banyak kita terlihat bijaksana, tetapi ketika kita dirumah sendiri kita adalah orang yang kasar.

Hari ini kita di ajarkan bahkan kita ditegur untuk tidak hanya mengurusi pendapat orang lain, tetapi terutama memilikirkan pendapat Allah.

JANGAN TANYAKAN "APA KATA DUNIA...?"

MELAINKAN "APA KATA ALLAH...?"

TUHAN MEMBERKATI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar