Selasa, 13 November 2012

BERDOA DAN MINTALAH

(Luk 11:9-12; Yak 4:2)

Percy Ross seorang milioner yang hidup pada tahun 1916-2001 berkata, "Alam ini penuh dengan banyak persediaan untuk memenuhi apa yang Anda inginkan, Ia hanya menanti Anda meminta." Dengan kata lain, sebenarnya Tuhan memiliki persediaan yang banyak untuk manusia ciptaanNya. Tetapi seperti yang dikatakan Yak 4:2 bahwa salah satu alasan mengapa kita tidak m

emperoleh apa yang kita inginkan, yaitu karena kita tidak berdoa. Kalimat "karena kamu tidak berdoa" di dalam Alkitab bahasa Inggris (KJV) di tulis "because ye ask not" atau "karena kamu tdk meminta."

Yesus pernah berkata kepada murid-muridNya, "Mintalah maka akan di berikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan di bukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu di bukakan." (Luk 11:9-10).

Penting untuk diingat bahwa permintaan yang di kabulkan Tuhan di sini merupakan permintaan yang sesuai dengan kehendakNya. Sehubungan dengan meminta, Yesus berkata bahwa apa yang kita minta dalam namaNya, maka Ia akan melakukannya. "Dan apa saja yang kamu minta dalam namaku, Aku akan melakukanNya..." (Yoh 14:13). Meminta dalam nama Tuhan Yesus berarti kita datang dengan otoritas dan kuasa nama Yesus dan bukan dengan otoritas kita sendiri. Respon yang kita terima di dasarkan atas nama siapa kita datang. Datang kepada Bapa di dalam nama Tuhan Yesus berarti kita mengakui kenyataan bahwa karena pengorbanan Yesus di kayu salib kita di benarkan dan di layakkan untuk datang kepada Bapa.

Kebenaran Yesus di perhitungkan kepada kita; kita di benarkan dan dianggap layak sehingga Bapa akan menjawab doa-doa kita jika kita meminta kepadaNya dalam nama Yesus.

Mengapa kita perlu mengutarakan permintaan kita??

- PERTAMA, MENGUTARAKAN PERMINTAAN KEPADA TUHAN MENUNJUKKAN KETEGANTUNGAN KITA KEPADA-NYA. Tuhan kita berkuasa dan Dia tahu persis apa yang kita butuhkan, bahkan banyak hal yang Ia berikan tanpa kita minta. Namun ada bagian-bagian tertentu yang akan kita peroleh jika kita memintannya. Selain itu, kita tidak akan tahu dari mana datangnya apa yang kita terima, jika kita tdk pernah memintanya. Ketika kita menerima apa yang kita minta, kita tahu bahwa Tuhan mengabulkan permintaan kita, dan kita akan bersyukur kepadaNya serta semakin yakin akan kasih dan kuasaNya.

-KEDUA, MENUNJUKAN KEYAKINAN KITA PADA KASIHNYA. Tuhan mengasihi anak-anakNya dan Ia rindu memberikan yang baik bagi kita. Firman Tuhan mengatakan bahwa jika bapa di dunia saja tahu memberikan pemberian yang baik bagi anak-anaknya, terlebih lagi Bapa yang di Sorga.

Dengan meminta, kita mempercayai Bapa yang baik itu akan memberikan apa yang kita minta, Mintalah kerena Bapa di Sorga terbuka untuk mendengarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar