Sabtu, 03 November 2012

Aku menangis karena Aku Hidup

*Roma 12:15,
Bersukacitalah dengan orang yang bersukacita, dan menangislah dengan orang yang menangis.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa tertawa ternyata memiliki banyak manfaat.

Dr. Lee Berk, seorang imunolog dari Loma Linda University, mangatakan bahwa tertawa dapat mengurangi peredaran dua hormon tubuh: efinefrin dan korsitol (hormon-hormon penghambat

proses penyembuhan penyakit). Juga dalam satu risetnya, Dr. Rosemary Cogan dari texas Tech University menemukan bukti bahwa rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah orang tertawa lepas. Tidak hanya itu, kekebalan tubuh pun akan meningkat secara drastis.

Lalu bagaimana dengan menangis? Apakah menangis memiliki efek negatif pada tubuh? Ternyata tidak!

Dalam buku "Why Men Don't Have A Clue" di terangkan bahwa menangis pun memiliki manfaat:

1. Mencuci Mata,
Air mata mengandung enzim bernama Iyosozyme yang dapat membunuh bakteri dan menjaga mata dari infeksi.

2. Mengurangi Stress,
Air mata mengandung protein yang bisa membersihkan racun dari tubuh. Selain itu, air mata juga mengandung endorphin yang bisa mengurangi stress dan rasa sakit. Itu sebabnya kita merasa lega setelah menangis.

3. Sinyal Emosional,
Menangis menjadi tanda kalau kita membutuhkan dukungan emosional. Air mata membuat tubuh menghasilkan hormaon oxytocin, yang membuat orang ingin di peluk dan di sentuh. Menangis adalah hal yang manusiawi. Pada waktu lahir, kita pasti langsung menangis. Kalau tidak, maka bidan atau dokter melakukan berbagai cara supaya kita menangis. Itu tanda bahwa bayi itu hidup. Ya menangis adalah pertanda kalau kita hidup.

"Tangisan adalah anugerah Tuhan. Ada tangisan pertobatan, tangisan perkabungan dan tangisan sukacita. Semuanya itu ada manfaatnya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar