Minggu, 21 Oktober 2012

Sesuai Dengan Rencana Tuhan

*Kejadian 45:7,
Maka Allah telah menyuruh aku mendahului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu di bumi dan untuk memelihara hidupmu, sehingga sebagian besar dari padamu tertolong.
[Bacaan Alkitab: Kejadian 45:1-28]

Banyak peristiwa yang terjadi dalam hidup manusia yang tidak dapat dimengerti, sehingga banyak pertanyaan timbul, mengapa hal ini mesti terjadi. Tetap

i lain halnya dalam hidup orang Kristen, kita percaya apapun peristiwa yang kita alami, pasti berjalan sesuai dengan rencana Tuhan. Mungkin kita sekali waktu mengalami peristiwa yang menyakitkan, mungkin di lain waktu kita mengalami peristiwa yang menyenangkan, yang jelas, apapun yang terjadi dalam hidup kita ini, Tuhan pasti punya rencana yang indah buat kita.

Kalau kita perhatikan peristiwa yang dialami Yusuf dalam Perjanjian Lama, sulit kita bayangkan bahwa semuanya itu memang rencana Allah bagi Yusuf. Serentetan persitiwa yang terjadi ketika Yusuf dimasukkan ke dalam sumur kosong, kemudian dijual kepada seorang pedagan (orang Ismael) dan dibawa ke Mesir, dan akhirnya Yusuf dibeli oleh Potifar, pegawai istana Firaun.

Semua yang terjadi dalam hidup Yusuf adalah rencana Allah sendiri agar apa yang Yusuf pernah mimpikan terwujud. Pertama kita lihat Yusuf mendapat kasih sayang Potifar dan memperoleh kuasa dalam rumahnya. Demikian juga melalui penderitaan yang dialami dalam penjara karena fitnahan dari isteri Potifar, Yusufpun dapat keluar dari penjara dengan cara Tuhan, dan pada akhirnya, dia diangkat sebagai penguasa di Mesir oleh Firaun. Di sini kita membaca, Yusuf diberi hikmat oleh Tuhan dalam menjalankan tugas negara dan berhasil mengumpulkan bahan makanan amat banyak sebelum tiba masa kelaparan. Ketika terjadi kelaparan diseluruh bumi, maka lumbung-lumbung di Mesir yang dikuasai Yusufpun penuh dengan bahan makanan, sehingga bangsa-bangsa datang ke Mesir untuk membeli makanan. Sungguh rencana Tuhan tidak pernah gagal. Yusuf juga menjadi penolong bagi saudara-saudaranya. Tetapi Yusuf tetap rendah hati dan dia mengerti, ini semua adalah rencana Allah. Sebagaimana katanya di Kejadian 45:5.

"Apapun yang kita alami, semuanya sesuai dengan rencana Allah."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar