Minggu, 21 Oktober 2012

Sangat Berharga

Mazmur 139:13-16

Dr. M. R. De Haan, yang meninggalkan prakteknya sebagai dokter untuk masuk ke dalam pelayanan kependetaan, menulis sebagai berikut, "Betapa besarnya potensi yang ada dalam tubuh kita ini. Jikalau ukuran tubuh Anda sedang, maka setiap hari selama 24 jam, Anda akan bisa melakukan fungsi-fungsi berikut ini: Jantung Anda bisa berdenyut 103.689 kali; darah Anda bisa be

redar 168.000.000 mil; Anda bisa bernapas 23.040 kali; Anda bisa menghirup udara 131 meter kubik; Anda bisa makan di antara 1.362 sampai 1.816 gram makanan, minum hampir 3 liter air, berkeringat lebih dari 1 liter melalui kulit, dan tubuh Anda bisa mempertahankan suhu 36,6 derajat celcius di dalam semua kondisi cuaca; Anda bisa bergerak dan menggunakan lebih dari 700 otot, bisa menggunakan 7.000.000 sel otak; untuk laki-laki bisa mengucapkan 4.800 kata, dan untuk perempuan bisa berjalan 7 mil."

Hm, betapa tubuh kita menyimpan potensi yang luar biasa, yang tidak dimiliki oleh ciptaan Tuhan yang lainnya, seperti halnya hewan. Manusia diciptakan Tuhan begitu mulia, seturut gambar dan rupa-Nya sendiri. Dan dalam nas bacaan kita hari ini, kita diingatkan kembali akan kemahakuasaan Tuhan yang menciptakan kita. Inilah salah satu bagian Alkitab yang secara terperinci membahas penciptaan manusia serta organ-organ tubuhnya, "Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku . . . Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak," (Mzm 139:13; 15-16a). Tuhan menciptakan kita secara sempurna. Dan kita sangat berharga di mata-Nya. Namun sayang, banyak sekali orang tidak menyadari akan hal ini. Banyak orang yang mempunyai citra diri yang buruk, dengan memandang diri mereka begitu rendah dan tidak berharga. Hal ini sering kali terjadi pada para pemuda dan remaja. Para pemuda dan remaja sering kali merasa rendah diri atau minder dan merasa tidak puas akan keadaan fisik mereka. Mereka suka membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain. Sering kali mereka merasa terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu pendek, terlalu tinggi, merasa kurang mancung, kurang putih, dan lain sebagainya. Hal ini tentu tidak perlu terjadi seandainya mereka menyadari bagaimana ajaibnya tubuh mereka oleh karena Tuhan telah ciptakan secara sempurna.

Bagaimanapun keadaan fisik kita saat ini, kita tidak perlu merasa rendah diri. Kita harus selalu menyadari bahwa kita adalah orang yang sangat berharga di mata Tuhan. Dunia boleh melihat kita sebagai orang yang kurang berharga, namun Tuhan sendiri menilai kita sangat berharga. Sebaliknya, hendaklah kita bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan tubuh kita begitu ajaib, serta mempersembahkannya untuk kemuliaan-Nya.

"Meskipun orang lain meremehkan kita karena keadaan fisik kita, kita tetaplah berharga di mata Tuhan."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar