Minggu, 21 Oktober 2012

POLA PIKIR

Pembacaan Firman:
*Ayub 3:25,
Karena yang kutakutkan, itulah yang menimpa aku, dan yang kucemaskan, itulah yang mendatangi aku.

Renungan:
Sebelum sang ayah menghembuskan nafas terakhir, dia memberi pesan kepada ke 2 anaknya:

"Anakku ada 2 pesan penting yang ingin ayah sampaikan kepadamu untuk keberhasilan hidupmu."

"Pertama: jangan pernah menagih piutang kepada siapapun"

"Kedua: jangan pernah tubuhmu terkena terik sinar matahari secara langsung."

Sang anak pun bingung dengan pesan ayahnya, dan akhirnya sang Ayah pun pergi untuk selama-lamanya.

5 tahun berlalu sang ibu pun menengok si bungsu dengan kondisi bisnisnya yang sangat memprihatinkan, sang ibu pun bertanya "Wahai anak bungsuku, kenapa kondisi bisnismu demikian?"

Si bungsu menjawab: "Aku mengikuti pesan ayah, bu. Saya di larang menagih piutang ke siapa pun sehingga banyak piutang yang tidak di bayar dan lama-lama habislah modal saya, yang ke 2 ayah melarang saya terkena sinar matahari secara langsang dan saya hanya punya sepeda motor, itulah sebabnya pergi dan pulang kantor saya selalu naik taxi"

Kemudian sang ibu pergi ke tempat si sulung, kali ini keadaan berbeda jauh!, si sulung sukses menjalankan bisnisnya. Sang ibu pun bertanya, "Wahai si sulung, kenapa hidupmu sedemikian beruntung?"

Sulung pun menjawab: "Ini karena aku mengikuti pesan ayah, bu. Yang 1 saya dilarang menagih piutang kepada siapapun. Oleh karena itu saya tidak pernah memberikan utang kepada siapapun sehingga modal saya tetep utuh. Ke 2, saya dilarang terkena sinar matahari secara langsug, maka dengan motor yang saya punya saya selalu berangkat sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari terbenam. Sehingga para pelanggan tau toko saya buka lebih pagi dan tutup lebih sore"

Si Sulung dan Si Bungsu menerima pesan yang SAMA, namun masing-masing memiliki sudut pandang berbeda. Mereka MELAKUKAN cara yang berbeda sehingga mendapatkan HASIL yang berbeda pula.

Hati-hatilah dengan sudut pandang kita. Sudut pandangt positif memberi hasil menakjubkan. Sebaliknya sudut pandang negatif memberikan hasil menghancurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar