Minggu, 21 Oktober 2012

Perempuan Yang Gigih

Hakim-Hakim 16:6-14

Agnes Monica adalah seorang penyanti yang telah memperoleh kesuksesan di dalam meniti kariernya. Ketika dia menyatakan keinginannya untuk go international, banyak orang mencibirkan bibirnya. Tetapi, sekarang orang bisa melihat bagaimana dia menancapkan tonggak kariernya di Amerika dan berbagai negara lainnya. Itu karena kegigihan!

Tidak bisa dipungkiri ba

hwa Delila telah memberikan contoh yang buruk bagi kaum wanita. Tetapi, ada satu hal positif yang terselip di antara keburukan-keburukan yang ada di dalam dirinya, yaitu kegigihannya. Kegigihan adalah keuletan di dalam berusaha. Alkitab mencatat tentang kegigihan Delila untuk mendapatkan informasi mengenai rahasia kekuatan Simson. Kesempatan emas pertama dia dapatkan karena dia ada di pihak yang dicintai. Pernyataannya pun sederhana dan terus terang, "Ceritakanlah kiranya kepadaku, karena apakah kekuatanmu demikian besar, dan dengan apakah engkau harus diikat untuk ditundukkan?" Kali ini dia gagal, karena Simson tidak memberitahukan dengan benar rahasi kekuatannya. Delila pun berusaha lagi. Pernyataan kedua dia awali dengan sedikit memojokkan Simson, "Sesungguhnya engkau telah mempermain-mainkan dan membohongi aku. Sekarang ceritakanlah kiranya kepadaku dengan apa engkau dapat diikat." Ini masuk akal, sebab mungkin pikirnya bahwa Simson akan terpojok, lalu menjawab dengan benar. Namun lagi-lagi dia gagal karena Simson tetapi menjawab dengan jawaban yang salah. Delila tidak putus asa. Dia berusaha untuk yang ketiga kalinya. Usaha yang ketiga pun gagal. Kalau zaman sekarang, pada umumnya orang akan berhenti berusaha kalau sudah tiga kali mengalami kegagalan di usaha yang sama. Entah apa yang menyebabkan angka tiga ini menjadi angka penutup dalam berusaha. Tetapi, tidak demikian dengan Delila, dia tetap gigih untuk berusaha mencapai hasil yang maksimal. Untuk yang keempat kalinya dia berusaha menemukan jawaban yang benar mengenai rahasia kekuatan Simson. Mungkin kita mengira rengekan Delila menunjukkan keputusasaannya. Mungkin juga orang memandangnya sebagai hal yang negatif. Tetapi, itu merupakan bagian dari usaha yang nyatanya membuahkan hasil. Simson pun memberitahukan rahasia kekuatannya kepada Delila.

Seorang motivator bertanya kepada audiensi, "Berapa kali Anda mengirim lamaran untuk mendapatkan pekerjaan?" Seseorang menjawab, "Sudah tujuh kali." "Tujuh kali Anda katakan 'sudah'?" katanya. "Saya mengirim lamaran sampai 160 kali. Sekarang Anda lihat, saya berada di dalam 'kesulitan' karena harus menolak tawaran dari beberapa perusahaan," lanjutnya. Betapa mudah kita menyerah ketika ada hambatan. Mungkin saja kita tidak terlalu pandai atau tidak terlalu terampil, tetapi kegigihan akan sangat menolong kita untuk memperoleh kesuksesan di dalam hidup kita. Ingat lirik lagu ini, "Ku tak akan menyerah pada apa pun juga sebelum kucoba semua yang kubisa."

"Mungkin tinggal satu kali lagi usaha untuk kita berhasil, tapi kita sudah berhenti di usaha yang ketiga dan kita gagal."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar