Minggu, 21 Oktober 2012

Pemandu Yang Dapat Dipercaya

Yohanes 14:6; Kisah Para Rasul 4:12

Seorang pelancong sedang mengadakan perjalanan melalui wilayah yang masih asing baginya. Kampung yang dia tuju berada di ujung jalan yang rusak dan harus melewati sebuah pegunungan. Perjalanan itu berbahaya, dan ia memerlukan seorang pemandu yang memenuhi syarat untuk mencapai tujuannya dengan selamat. Seseorang menawarkan diri untu

k berjalan bersama-sama dengannya. Pelancong itu bertanya, "Pernahkah Anda pergi ke kampung tujuan saya?" Orang itu menjawab, "Belum, tetapi saya sudah pergi setengah perjalanan, dan saya sudah mendengar teman-teman saya menggambarkan sisa perjalanan itu." "Wah, Anda tidak dapat saya pakai." katanya. Ia mewawancarai seorang yang lain, "Pernahkah Anda ke kampung tujuan saya?" "Belum, tetapi saya sudah pernah melihat kampung tersebut dari puncak gunung." jawab orang itu. "Anda juga tidak cocok jadi pemandu saya," kata pelancong tersebut. Seorang lain menawarkan diri. Pelancong itu mengajukan pertanyaan yang sama dan dijawab, "Tuan, itu adalah kampung halaman saya." Maka orang itulah yang dipakainya sebagai pemandunya untuk sampai di tempat tujuannya.

Demikianlah dengan Tuhan Yesus. Hanya Ia yang mampu membawa kita sampai kepada Bapa di Sorga. Mengapa? Karena Sorga adalah "kampung halaman" Tuhan Yesus (Yoh 3:13). Orang yang bukan berasal dari Sorga tidak akan mungkin bisa membawa kita sampai ke Sorga. Sejak dunia ini diciptakan, sudah banyak lahir pendiri agama atau aliran kepercayaan. Namun, mereka tidak mengetahui jalan yang pasti ke Sorga. Mereka sama dengan kita, sama-sama belum pernah ke Sorga. Mereka semua hanya menawarkan jalan ke Sorga, namun mereka sendiri belum pernah ke sana. Beranikah kita berpergian ke tempat yang masih misterius dengan seseorang yang belum pernah pergi ke tempat itu? Tentu tidak, karena kita pasti akan tersesat bersama orang itu. Karena itu kita harus mempercayakan diri kita kepada Seseorang yang sudah pernah pergi ke Sorga, yaitu Tuhan Yesus sendiri. Oleh sebab itu, hanya Tuhan Yesuslah yang bisa disebut sebagai Pemandu yang kredibel menuju Sorga. Dengan Dia kita tidak akan tersesat, pasti sampai!

Saat ini, banyak orang yang menganggap bahwa ada jalan lain menuju ke Sorga selain melalui Tuhan Yesus. Mereka berkata bahwa sekalipun seseorang tidak percaya kepada Tuhan Yesus, ia akan tetap bisa masuk ke Sorga asalkan ia rajin berbuat baik. Jelas ini adalah ajaran yang non-alkitabiah. Alkitab secara gamblang mengatakan bahwa hanya dan hanya Tuhan Yesuslah satu-satunya jalan menuju ke Sorga, "Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku." (Yoh 14:6). Jadi, tanpa Tuhan Yesus, tidak mungkin orang sampai di Sorga. Amin.

"Ada banyak jalan menuju Roma, tetapi hanya ada satu jalan menuju Sorga."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar