Minggu, 28 Juni 2015

BAKAT SENI

Bacaan: Keluaran 35:30-35
NATS: [Tuhan] telah memenuhinya dengan Roh Allah ... untuk membuat berbagai rancangan (Keluaran 35:31,32)

"Mengapa kau menanam bunga? Kan tak bisa dimakan," ujar ayah mertua saya saat melihat kegiatan saya di musim semi, yakni mengisi pot dengan benda-benda berharga yang harum dan berwarna-warni dari toko bunga. Ayah Jay seorang insinyur -- orang yang praktis. Ia dapat menjalankan segalanya dengan baik, tetapi memperindah sesuatu bukan prioritasnya. Ia lebih menghargai fungsi daripada bentuk, kegunaan daripada estetika.

Allah menciptakan kita dengan beragam talenta. Para insinyur yang bekerja demi kemuliaan Allah merancang mesin yang memudahkan hidup. Namun Tuhan juga menciptakan para seniman, yang menjadikan hidup ini lebih menyenangkan karena mereka menciptakan berbagai keindahan bagi kemuliaan Allah dan kebahagiaan sesama.

Saat merenungkan seni penyembahan, biasanya kita langsung memikirkan musik. Namun, ada bentuk seni lain yang telah lama juga berperan memuliakan Allah. Pengangkatan Bezaleel menunjukkan kepedulian Allah pada seni (Keluaran 35:30-35). Allah mengangkatnya untuk memperindah tempat penyembahan resmi pertama: kemah suci. Menurut Gene Edward Veith, tujuan Allah terhadap seni adalah "untuk memuliakan Allah dan menunjukkan keindahan".

Bila Roh Allah menghidupkan bakat seni, maka dari situ akan muncul tindakan penyembahan yang menjadi kesaksian dan mengarahkan orang pada Kristus. Allah telah sangat memperkaya hidup kita dengan keindahan. Sebagai balasannya, mari kita bersyukur dengan memperlihatkan kemuliaan-Nya melalui karya seni kita --JAL

Bapa, kiranya karya kami -- apa pun itu --
menggugah perhatian dan mendorong orang
untuk memuji dan menyembah Engkau. Amin.

LAKUKAN SEGALA SESUATU UNTUK KEMULIAAN ALLAH

1 komentar:

  1. Mohegan Sun Pocono - Mapyro
    Get 제천 출장안마 directions, reviews and information for Mohegan Sun Pocono in Wilkes 태백 출장마사지 Barre, PA. Mohegan Sun Pocono is home to three 전라남도 출장마사지 unique casinos: 김포 출장마사지 The Grand at Mohegan Sun Pocono. 서울특별 출장샵

    BalasHapus